ISIS Sudah Pincang di Mosul, Pekan Depan Musnah

Pasukan Anti-teroris Irak yang memerangi ISIS di Mosul. (AFP)

PT Bestprofit – Seorang perwira militer pasukan koalisi mengklaim bahwa kelompok ISIS yang masih bertahan di Mosul, Irak, sudah di ujung tanduk. Bahkan, ia memperkirakan, ISIS akan  lumpuh sepenuhnya pekan depan.

Hal itu disampaikan oleh Brigadir Jenderal Dave Anderson, perwira militer asal Kanada. Ia adalah perwira yang bertanggungjawab sebagai pengawas latihan pasukan lokal di bawah koalisi Amerika Serikat dan negara-negara barat. Anderson menegaskan, pasukan keamanan Irak sudah membuat ISIS terdesak. Pasukan ISIS, imbuhnya, kini terpojok di sebuah daerah di Kota Tua Mosul yang berada di tepian Sungai Tigris.

“Pasukan Irak memantau Sungai Tigris dari sebelah barat, dan kini menghadapi musuh yang sudah pincang,” kata Anderson kepada reporter melalui sebuah panggilan video.

Ketika ditanya berapa jumlah pasukan ISIS yang tersisa di Mosul, sang jenderal mengaku tidak tahu pasti soal jumlah. Namun, ia merasa yakin bahwa pada pekan depan, tidak akan ada lagi serdadu ISIS yang tersisa.

Anderson mengatakan, pasukan koalisi sudah mulai mengirimkan bantuan kepada polisi Irak untuk memperkuat posisinya di Mosul, serta mempertahankan kota tersebut apabila telah berhasil mereka rebut.

Bantuan yang diberikan berupa perlengkapan yang akan dibutuhkan polisi untuk melakukan patroli, seperti tempat minum, laptop, telepon, wadah senjata, perlengkapan pos jaga, serta dua kendaraan jelajah.

“Esensinya, segala yang mereka butuhkan untuk memperkuat kehadiran mereka (di Mosul),” sambung Anderson. (AFP) PT Bestprofit

Leave a comment