Pendaftaran Online CPNS 2017 Dimulai! Ini Alur Caranya

Ilustrasi: CPNS. (Setkab.go.id)Best Profit – Masyarakat sudah bisa melakukan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017 secara daring atau online, sejak Selasa (1/8/2017) hari ini.

Pendaftaran CPNS 2017 secara online  ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) dan Mahkamah Agung (MA).

Berdasarkan informasi yang terhimpun, pendaftaran CPNS tersebut sudah dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Caranya, para peminat diminta mengakses laman resmi pendaftaran: sscn.bkn.go.id

Menurut keterangan resmi Badan Kepegawaian Nasional (BKN), masa pendaftaran CPNS 2017 dimulai sejak 1 Agustus sampai 26 Agustus 2017 atau Sabtu tiga pekan ke depan.

“Pendaftarakan akan resmi ditutup pada Sabtu tengah malam, persisnya pukul 23.59 WIB,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan.

Ia mengatakan, calon pendaftar diminta tidak tergiur oleh informasi atau iming-iming menjadi PNS dengan syarat memberikan sejumlah uang.

“Segala pendaftaran dan informasi yang benar, bisa didapatkan dari laman sscn.bkn.go.id. Selain dari laman itu, tidak bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Berikut alur mekanisme pendaftaran online CPNS 2017 yang diterapkan BKN:

Langkah Pertama

Pendaftar harus mengakses jaringan internet untuk membuka alaman https://sscn.bkn.go.id

Sebelum mengisi formulir digital pendaftaran, pelamar bisa membaca informasi di laman muka situs tersebut.

Langkah Kedua

Pelamar yang ingin mendaftar bisa memilih atau klik menu “Pendaftaran”. Dalam menu ini, pelamar harus mengisi kolom Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

Selain itu, pelamar juga diharuskan mengisi kolom alamat emailpassword akun laman sscn.bkn.go.id, dan perangkat pertanyaan keamanan.

Setelah semua terisi, sila cetak “Kartu Informasi Akun SSCN 2017”.

Langkah Ketiga

Pelamar sila memeriksa akun email untuk mendapat verifikasi atau aktivasi login di laman sscbn.bkn.go.id. Sebab, BKN akan memberikan username dan password untuk masuk ke laman sscbn.bkn.go.id melalui email.

Langkah Keempat

Setelah berhasil login ke laman sscn.bkn.go.id, pelamar sila mengisi biodata, memilih instansi dan memilih formasi sesuai dengan instansi.

Nah, untuk langkah ini sebaiknya tentukan keputusan pemilihan formasi sebelum proses pendaftaran online, sehingga pada saat pendaftaran berlangsung sudah bisa langsung lakukan pendaftaran CPNS hingga selesai.

Langkah Kelima/Terakhir

Pelamar dipersilakan mencetak kartu peserta dari pendaftaran online SSCN BKN.

Pemberkasan Offline

Setelah melakukan pendaftaran secara online, pelamar bisa mempersiapkan berkas-berkas (hard file) yang sudah diunggah ke laman tersebut.

Untuk diperhatikan, berkas-berkas yang wajib dikumpulkan bisa dilihat dalam laman sscn.bkn.go.id. Dalam pemberkasan, pelamar wajib pula melampirkan fotokopi “Kartu Pendaftaran SSCN” untuk  diverifikasi.

Tim verifikator BKN akan melakukan verifikasi berkas yang diunggah. Hasil verifikasi itu akan dikirimkan ke alamat masing-masing.

Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi, nantinya diharuskan mencetak  KARTU PESERTA UJIAN CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan  CAT (Computer Assisted Test) BKN. Bestprofit, Best Profit.

Selengkapnya, sila lihat gambar alur pendaftaran online di bawah ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s