Hilang Selama 8 Tahun, Satelit India Didapati Sedang Kitari Bulan

Bestprofit – Sebuah satelit milik India yang hilang sekitar delapan tahun silam akhirnya ditemukan berkat kecanggihan radar luar angkasa berteknologi baru milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA).

Chandrayaan-1, nama satelit yang diluncurkan oleh badan antariksa India (ISRO) pada Oktober 2008, ditemukan oleh antena yang terpasang pada Goldstone Deep Space Communication Complex, California, AS.

Yang membuat penemuan ini menarik adalah karena ukuran Chandrayaan-1 yang sangat kecil. Satelit itu lebarnya hanya 1,5 meter.

Selain menemukan Charayaan-1, radar NASA itu juga berhasil mendeteksi wahana Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO), untuk membuktikan bahwa teknologi radar baru itu juga bisa melacak satelit yang aktif beroperasi.

“Kami mampu mendeteksi Lunar Reconnaissance Orbiter milik NASA dan Chandrayaan-1 dari ISRO di lintasan orbit bulan menggunakan radar yang berbasis di Bumi,” kata Marina Brozovic, pakar teknologi radar yang bertugas di Jet Propulsion Laboratory, sebuah labotorium milik NASA.

Belum setahun sejak diluncurkan pada Oktober 2008, Chandrayaan-1 mulai mengalami kerusakaan teknis. Satelit yang dikirim untuk memantau Bulan itu akhirnya kehilangan kontak pada Agustus 2009.

Tetapi kini satelit itu sudah ditemukan lagi. Ia diketahui terbang di ketinggian sekitar 199,5 kilometer di atas permukaan Bulan.

Bestprofit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s