Ini yang Harus Dilakukan RI Sebelum Adopsi Teknologi 5G

298522_ilustrasi-5g_663_382Layanan 4G Long Term Evolution (LTE) mulai menyebar di wilayah Indonesia. Namun, sebenarnya layanan yang lebih maju lagi, 5G, sudah mulai dipakai beberapa negara.

Demikian ungkap pengamat telekomunikasi di Indonesia. Mereka menyebut beberapa negara yang telah mengadopsi teknologi generasi ke-5 (5G) adalah Korea Selatan,  Jepang,  Inggris, dan beberapa lainnya.

Indonesia sendiri pernah menggaungkan layanan ini, tepatnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan para operator lokal. Menurut mereka, kesiapan untuk mengadopsi 5G kemungkinan pada 2020. Tapi,  itu belum semua wilayah di Indonesia siap implementasi.

Menurut pengamat telekomunikasi sekaligus Chairman Mastel Institue,  Nonot Harsono, yang harus diperbaiki negara untuk bisa mengadopsi 5G adalah terkait infrastruktur.

“Kebanyakan infrastruktur, seperti Base Transceiver Station (BTS) di Indonesia ukurannya kecil. Penyebaran jaringan pun disokong oleh Fiber Optik (FO),” kata Nonot ditemui usai seminar teknologi dan telekomunikasi di Jakarta, Rabu 21 Desember 2016.

Nonot mengakui, sebenarnya yang lebih efektif untuk menggelar 5G adalah dengan memperbanyak infrastruktur FO. Dia yakin jika FO merata tersambung ke internet dari rumah ke rumah maka teknologi tersebut akan mudah diimplementasi.

Sayangnya, kata dia, yang menjadi kendala sekarang adalah, untuk menyalurkan FO butuh dana yang tidak sedikit. Biaya membuat BTS lebih hemat dibandingkan FO.

“Ini kewajiban negara. Mau tidak mau, memaksimalkan BTS yang kecil dengan kabel optik.Menyambungkan kabel ke rumah-rumah, setiap rumah dapat akses internet,” kata Nonot.

Maka dari itu,  Nonot menyimpulkan,  untuk menuju layanan 5G pemerintah dan operator harus memperbaiki infrastruktur terlebih dahulu.

Selain itu, 5G dipercaya bisa menjadi persiapan Indonesia memasuki era ekonomi digital. Pasalnya, ekonomi digital tidak hanya berbicara e-commerce tapi dari segala sisi, apa yang disentuh akan berhubungan dengan digital.

“Ekonomi digital itu keseluruhan kegiatan ekonomi yang diakibatkan oleh digitalisasi,” tambah Nonot.

PT Bestprofit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s