10 Bug Komputer Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

pt-bestprofit-futures-jambiDalam dunia komputer, tidak ada sistem atau software yang sempurna. Pasti ada celah atau galat yang dinamakan bug.

Bug sendiri adalah suatu kesalahan program yang umumnya ditemukan pada perangkat lunak. Meski kesalahan kecil, bug ini menyebabkan program tidak berfungsi semestinya.

Ya, bug ini bisa menyebabkan banyak masalah untuk para pengguna. Bahkan, bisa menimbulkan kerugian yang besar.

10 Bug Komputer Paling Menarik Sepanjang Masa

Dilansir dari Tech Viral, berikut 10 bug komputer yang paling terkenal dan mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah perkembangan teknologi yang perlu kamu ketahui.

 

1. Y2K Bug

 

Masalah Tahun 2000 atau Year 2 Kilo adalah bug kesalahan perhitungan oleh komputer yang disebabkan oleh sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi kedua digit pertama adalah “19”.

Hal ini dilakukan pada tahun 60-an ketika komputer pertama dirancang untuk menghemat media penyimpan, tetapi ketika tahun baru 2000 tiba, komputer dapat menunjukkan tanggal yang berubah dari 31 Desember 1999 ke 1 Januari 1900.

Kesalahan ini dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar karena komputer juga digunakan untuk mengatur fasilitas-fasilitas penting seperti PLTN dan pesawat terbang. Sebagai akibatnya, banyak perusahaan di seluruh dunia mengadakan pembaharuan di bidang komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras untuk mencegah hal ini.

Walaupun kemudian terbukti tidak ada bencana besar yang memakan korban jiwa, Y2K menyebabkan cukup banyak kesalahan, misalnya kartu kredit yang ditolak karena masa berlakunya habis tahun 2000, tetapi dibaca komputer sebagai 1900.

2. End of Time (Unix)

 

Bug juga mengancam kelangsungan hidup komputer di seluruh dunia. Nah, sebagian besar server komputer menggunakan sistem penyimpan data dan waktu dalam bilangan bulat 32-bit yang menghitung jumlah detik sejak 1 Januari 1970. Sistem ini lebih dikenal dengan waktu epos.

Masalahnya adalah pada 19 Maret 2038, tepatnya pada pukul 03:14:07 (waktu universal) jam pada server akan mencapai angka terbesar yang mampu diwakili oleh bilangan bulat 32-bit. Lalu, apa yang akan terjadi?

Tidak ada yang tahu pasti, tapi sebagian besar komputer mungkin tidak mampu membedakan antara tahun 2038 dan tahun 1970. Untuk melanjutkan menghitung detik, angkanya akan menghitung mundur, dari -2.147.483.647 ke nol. Karena sebagian sistem tidak disiapkan untuk itu, maka kemungkinan yang terjadi adalah kegagalan sistem.

3. Video Gangnam Style, Ubah Pola Penghitungan YouTube

Video penyanyi asal Korea Selatan, PSY, sukses menjebol YouTube hingga mencapai lebih dari 2 miliar pengunjung. YouTube, yang tidak menyangka jumlah penontonnya akan sebesar itu, terpaksa harus mengubah sistem penghitungn dari 32-bit integer menjadi 64-bit.

Jumlah pengunjung itu rupanya melebihi kapasitas koding yang telah dibuat YouTube. Artinya, karena jumlah angka di komputer disimpan dalam bentuk 0 dan 1, ada batasan karakter penulisan angka yang bisa ditampilkan oleh YouTube di sebuah laman video.

Dalam kasus PSY, angka ini telah melebihi batasan tersebut dan Google harus melakukan upgrade untuk mengalokasikan memori tambahan. Masalah ini pun diatasi oleh Google dengan menyematkan 64-bit integer dan menambahkan sedikit animasi pada tampilan kolom jumlah pengunjung.

4. Bug Kalkulator Windows

Salah satu aplikasi penting dan selalu hadir secara default pada OS Windows adalah kalkulator. Kalkulator ini memudahkan kita untuk menghitung segala macam operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian hingga perhitungan yang rumit sekalipun.

Tapi ternyata aplikasi kalkulator di Windows 10 memiliki bug yang lumayan parah yang menyebabkan kalkulator sama sekali tidak mengikuti aturan urutan faktor perhitungan pada operasi matematika. Misalnya seperti mendahulukan dulu perkalian daripada penjumlahan, dan lainnya.

5. PayPal Error

PayPal pernah membaca atau mengkreditkan sekitar US$ 92 kuadriliun ke rekening Chris Reynolds dari Pennsylvania. Itu semua karena bug, untungnya berhasil diperbaiki sesudahnya.

6. Bug AT&T

Pada tahun 1990, bug software juga membuat operator sululer di Amerika yakni AT&T merugi hingga US$ 60 juta. Itu semua karena masalah dalam estafet jarak jauh perusahaan beralih perangkat lunak yang melarang pengguna membuat panggilan jarak jauh selama sekitar 9 jam.

7. Mars Climate Orbiter (MCO)

Mars Climate Orbiter (MCO), awalnya disebut Mars Surveyor ’98 Orbiter, adalah misi NASA ke planet Mars pada tahun 1998-1999 yang mengalami kegagalan.

Mars Climate Orbiter merupakan wahana angkasa tak berawak yang diluncurkan pada 11 Desember 1998 sebagai bagian dari program Mars Surveyor ’98. Maksud dari misi ini adalah untuk menyelidiki iklim, atmosfer, dan perubahan permukaan planet Mars. Selain itu, Mars Climate Orbiter juga berperan sebagai penghubung komunikasi antara NASA dengan Mars Polar Lander.

Pada 23 September 1999, saat Mars Climate Orbiter mengelilingi Mars, NASA kehilangan komunikasi dengan wahana ini, yang kemungkinan hancur di atmosfer. Hal ini diakibatkan oleh kesalahan perhitungan: perhitungan dilakukan dengan menggunakan satuan pon-detik (lbf×s) daripada Newton-detik (N×s) yang dipakai dalam pemrograman perangkat lunak. Maka dari itu, wahana ini berada pada ketinggian yang terlalu rendah, sehingga terbakar di atmosfer.

8. Bug Race Condition

Race condition adalah bug yang dikondisikan dimana dua atau lebih proses mengakses shared memory/sumber daya pada saat yang bersamaan dan hasil akhir dari data tersebut tergantung dari proses mana yang terakhir selesai dieksekusi sehingga hasil akhirnya terkadang tidak sesuai dengan yang dikehendaki.

9. Ariane 5 crash

 

Ledakan mengakhiri penerbangan roket Ariane-5 pada 4 Juni 1996 akibat bug. Setelah 40 detik diluncurkan, roket Ariane ini berbelok dari arah yang direncanakannya.

Sehingga terpaksa diledakkan dengan alasan keselamatan. Alhasil, 4 buah satelit pun ikut hancur dan mengakibatkan kerugian lebih dari US$ 370 juta.

10. Kegagalan Software Patriot Missile

Bug atau kesalahan software juga terjadi pada perang antara Irak dan Amerika, saat rudal dari Irak menewaskan 28 tentara Amerika dan mencederai 98 tentara.

Ini semua karena kesalahan dalam missile defence system yang gagal untuk bekerja, sehingga tidak bisa mencegat rudal yang masuk.

Itulah 10 bug yang menimbulkan masalah yang cukup serius. Bug memang hal biasa dalam dunia belajar-mengajar, jika tak pernah salah maka kita tak tahu di mana kekuranganya.

Tapi, dalam dunia dunia kerja khususnya dunia informatika hal ini perlu dicegah yaitu dengan cara melakukan testing sebelum rancangan diluncurkan atau dipakai dalam dunia sesungguhnya. Semoga hal-hal seperti di atas tidak terjadi lagi ya.

Bestprofit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s